view of Pacet Village

27 Juli 2011

Kebiasaan Kita...buruk kah ?? ( I )

-         Pernahkah anda berpapasan atau bertemu muka alias kontak mata dengan orang lain di lift atau area  umum lainnya, apa reaksi masing-masing, coba ingat-ingat , biasanya sih langsung membuang muka, atau kalaupun  tersenyum biasanya senyum canggung dan  biasanya pula dibalas dengan senyum bingung bahkan mungkin pandangan aneh. Padahal  apa yang saya alami dan lihat bila itu terjadi di Negara ‘bule’ bila hal semacam itu terjadi  langsung orang akan ‘say hallo’ atau  tersenyum hangat.
      Jadi siapa yang lebih ramah ??

-         Pernahkah  terjadi kecelakaan misalnya tabrakan, mobil, motor,dsb di sekitar kita berada. Apa yang kemudian terlihat ? tidak berapa lama akan terjadi kerumunan orang memenuhi jalanan, tapi ternyata yang dilakukan hanya sekedar menonton bukannya menolong, bahkan apabila kebetulan ada kamera TV maka mereka segera melihat kamera sambil cengengesan  …
    
 
-           Pernakah anda terhalang orang yang bergerombol  ketika hendak keluar dari pintu mall atau rumah sakit. Itulah kebiasaan bangsa kita, ngobrol atau bergerombol di tempat-tempat yang tidak semestinya, di depan pintu, di depan tangga atau di tempat yang menghalangi untuk akses jalan, tanpa sadar kebiasaan ini  sangat mengganggu orang yang berlalu-lalang   
     
-          Pernahkah  melihat atau kita sendiri berjalan berombongan lebih dari 2 orang di jalan, maka yang     terjadi kita akan berjalan berderet ke samping alias berbanjar (bukannya beriringan) sambil asyik ngobrol, alhasil akan menghalangi orang lewat. Bila ada  kendaraan membunyikan klakson keras baru begerak  minggir  sambil ngomel karena mearasa tidak bersalah.  Ah..masih untung tidak ditabrak..
            Patut dicontoh cara orang Baduy yang selalu berjalan beriringan hal ini sama dengan yang dilakukan             orang-orang di negara barat bila berjalan di keramaian.

Jadi  ................................... ???

TBC  (to be continue )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar